Cara Supaya Kuat Menghadapi Cobaan Hidup

Assalamualaikum,

Sudah sangat lama sekali ya sahabat muslimah, saya tidak mengisi postingan di blog yang ini. Insya Allah untuk sekarang dan kedepannya saya tetap bisa mengisi postingan disini ya. Semoga diberikan kelancaran juga, aamiin. 1-4

Pernahkan sahabat muslimah bertanya gimana sih caranya supaya kuat menghadapi segala macam cobaan hidup? ada yang pernah bertanya seperti itu? Continue reading

Advertisements

Cara Ini Bisa Menghentikan Kita Untuk Berghibah

Assalamualaikum muslimah yang selalu dirahmati Allah Swt,

Muslimah, sudah menjadi rahasia umum nih bahwa kalau kita berghibah atau membicarakan keburukan orang laiin adalah hukumnya haram. Saya yakin semuanya sudah pada paham akan hal ini, betul? Dan juga menurut kesepakatan ulama, bahwa ghibah juga merupakan dosa besar.

Continue reading

Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Puasa Ramadhan

Assalamualaikum

Puasa atau shaum yang memiliki arti menahan diri, sifatnya universal yah. Bahkan bukan hanya agama islam yang menjalankan puasa, agama lain juga ada yang melaksanakan puasa. Namun puasa Ramadhan memiliki keutamaan yang tentunya sangat berbeda dengan puasa lainnya. Puasa Ramadhan adalah puasa yang diperintahkan oleh Allah Swt, ada lho dalam firman Allah Surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Jelas sekali kan tentang wajibnya berpuasa pada bulan Ramadhan. Untuk melaksanakan ibadah puasa ini banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, ada pahala dan dosa bagi mereka yang melaksanakan dan meninggalkan ibadah puasa ini.  Continue reading

Muslimah Blogger dot Com

Assalamualaikum,

Kemajuan teknologi semakin pesat yah, itu artinya semakin banyak juga peluang kita untuk bersilaturahmi, dan memanjangkan tali silaturahmi setiap saat. Alhamdulillah admin blog ini pun merasakan manfaat yang sangat besar dari kemajuan teknologi ini, apalagi dalam dunia blogging, admin blog ikutan suatu komunitas yang insyaa allah akan memberikan banyak manfaat.

Dalam islam, sangat dianjurkan untuk memperpanjang tali silaturahmi, memelihara tali silaturahmi itu wajib hukumnya. Nah seiring kemajuan teknologi, maka muslimah blogger dot com  Continue reading

Wanita Sebaiknya Tarawih di Rumah

Assalamualaikum muslimah yang selalu diberkati Allah Swt,

Bagaimana dengan puasanya? alhamdulillah lancar ya. Mumpung masih dalam suasana ramadhan nih, saya yakin pasti ada yang menanyakan hal yang serupa dengan apa yang akan saya bahas disini.

Sebagai muslimah, dalam melakukan sholat sunnah tarawih sebaiknya dilakukan di rumah atau berjamaah di mesjid. Ada yang mengatakan bahwa muslimah lebih baik sholat di rumah saja namun ada juga beberapa pendapat yang mengemukakan bahwa sebaiknya seorang muslimah juga ikut serta berjamaah sholat di mesjid, well dilema sih sebenarnya. Semuanya harus dipahami dengan baik, ya atau tidaknya.

Bila dengan keluarnya seorang wanita keluar rumah (pada saat mau tarawih) akan menimbulkan godaan, maka lebih baik jika sholatnya dilakukan di rumah saja. Seperti sabda Nabi Muhammad Saw :

قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّينَ الصَّلاَةَ … وَصَلاَتُكِ فِى دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ وَصَلاَتُكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِى

”Aku telah mengetahui bahwa engkau senang sekali jika dapat shalat bersamaku. …  Shalatmu di rumahmu lebih baik dari shalatmu di masjid kaummu. Dan shalatmu di masjid kaummu lebih baik daripada shalatmu di masjidku.” 

Continue reading

Jangan Bergunjing Saat Puasa

Assalamualaikum muslimah,

Waktu memang cepat sekali berlalu, ramadhan pun telah berada dihari ke dua. Waktunya kita mendulang pahala telah berlalu 2 hari, eits tapi masih ada hari – hari berikutnya dan insyaa Allah akan semakin banyak pahala dan barokah yang kita dulang, aamiin.

Pada postingan kali ini, saya akan mengulas tentang ghibah atau bergunjing. Sudah tidak asing lagi bukan muslimah?

Gunjing atau ghibah adalah menceritakan suatu kejelekan atau aib seseorang pada orang lain.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat: 12)

Continue reading

Agar tidak malas sholat

Agar tidak malas sholat adalah dengan membiasakan diri untuk melakukannya. Ya memang gampang deh kalau cuma ngomong, tapi pelaksanaannya? uh malasnyaaa.

Nafas, rezeki dan semua hal yang kita nikmati di dunia ini adalah pemberian dari Allah Swt. Masa iya menikmati pemberiannya saja sementara melakukan apa yang di perintahkanNYA malas. MAnusia macam apa saya ini? Namanya juga manusia, tempatnya salah, eits but wait emang mau salah terus? Gak kan?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa malas melakukan kewajiban kita sebagai seorang muslimah, yakni sholat. Lakukanlah dengan niat yang kuat, insyaa Allah perlahan akan terbiasa. Tips ini telah saya implementasikan pada kehidupan saya pribadi, dan sampai saat ini saya pun masih terus belajar dan belajar. Bukankah tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar?

  1. Niat, segala perbuatan tergantung dengan niatnya. Niat untuk melakukan sholat dengan khusuk dan tidak terlewat satu waktu pun. Niatkan juga untuk mengusir rasa malas.
  2. Kebiasaan, ini nih yang harus dilakukan, jadikanlah sholat sebagai kebiasaan *emang gitu kan seharusnya?*. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka ketika kita meninggalkannya akan merasakan sesuatu yang hilang. Percayalah.
  3. Komitmen. Niat? sudah. Terbiasa? Sudah. Tinggal komitmen dengan diri sendiri. Silakan rundingkan dengan diri sendiri apakah akan ada reward atau punishment? Itu tergantung komitmen dari anda untuk anda.

Continue reading