Cara Supaya Kuat Menghadapi Cobaan Hidup

Assalamualaikum,

Sudah sangat lama sekali ya sahabat muslimah, saya tidak mengisi postingan di blog yang ini. Insya Allah untuk sekarang dan kedepannya saya tetap bisa mengisi postingan disini ya. Semoga diberikan kelancaran juga, aamiin. 1-4

Pernahkan sahabat muslimah bertanya gimana sih caranya supaya kuat menghadapi segala macam cobaan hidup? ada yang pernah bertanya seperti itu?

Didalam mengarungi kehidupan, namanya cobaan itu adalah hal yang pasti dialami oleh semua manusia yang hidup dan bernafas kan. Iya? masa iya manusia hidup tanpa beban dan cobaan.

Tapi yang jadi pertanyaannya adalah apa sih yang bisa membuat kita semua bertahan dalam menghadapi berbagai ujian itu?

Hal yang pertama, yakinilah bahwa Allah Swt memberikan ujian itu adalah bentuk rasa cinta Allah Swt kepada kita, wujud kasih sayang yang Allah swt berikan supaya apa? Supaya kita semua ini mampu menghadapi hidup dengan lebih dewasa dan juga lebih matang dalam menghadapi persoalan, jadi jangan pernah berprasangka buruk ya.

Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki Allah menjadi orang yang baik maka ia diberi-Nya cobaan.” ( H.R. Bukhari)

Kemudian yang kedua. Harus yakin bahwa semakin besar dan semakin banyak cobaan yang Allah berikan, percayalah maka akan semakin besar pula kasih sayang serta pahala yang Allah limpahkan, aamiin. Tapi dengan catatan bahwa kita bisa menyelesaikan setiap ujian dengan baik ya.

Anas r.a. berkata, Nabi Saw. bersabda, “Sesungguhnya besarnya pahala itu bergantung pada besarnya cobaan. Sesungguhnya apabila Allah Ta’ala itu mencintai suatu kaum maka Ia mencobanya. Barangsiapa yang rela menerimanya, ia mendapat keridoan Allah, dan barangsiapa yang murka, maka ia pun mendapat murka Allah.” ( H.R. Tirmidzi)

Lanjut ketiga, yakinilah bahwa ujian atau persoalan yang diberikan itu akan menghapus semua dosa yang telah kita lakukan.

 Abu Sa’id dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan, Nabi Saw. bersabda, “Seorang Muslim yang tertimpa penderitaan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri sekali pun, semuanya itu merupakan kafarat (penebus) dari dosa-dosanya.” ( H.R. Bukhari )

Yang keempat, kita harus selalu berpikiran positif tentang semua yang terjadi pada diri kita ini akan menjadi kebaikan kelak.

 Abu Yahya Shuhaib bin Sinan r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan sikap seorang mukmin itu, segala keadaan dianggapnya baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, ia bersyukur, maka itu lebih baik baginya, dan apabila ditimpa penderitaan, ia bersabar, maka itu lebih baik baginya.”( H.R. Muslim)

Yang kelima, kita harus meyakini bahwa setelah semua masalah dan kesulitan ini akan ada kemudahan, ya istilahnya akan ada pelangi selepas badai.

 “Sungguh, beserta kesulitan ada kemudah an. Sungguh, beserta kesulitan itu ada kemudahan.” ( Q.S. Asy-Syarĥ [94]: 5-6)

Lalu yang keenam. Kita harus optimis bahwa kita mampu menyelesaikan semua ujian yang Allah swt berikan, dan percayalah bahwa Allah tidak akan pernah memberikan ujian diluar batas kemampuan kita sebagai hamba Nya.

Keenam, selalu optimis bahwa kita bisa menyelesaikan setiap ujian yang Allah Swt. berikan, karena Allah Swt. tidak akan memberikan ujian di luar kemampuan hamba-Nya.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan ukuran kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebajikan yang dikerjakannya dan mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya…” ( Q.S. Al-Baqarah [2]: 286)

Intinya adalah, hadapi segala ujian dengan usaha serta doa.

 “Apabila kamu telah selesai mengerjakan suatu urusan, maka tetaplah bekerja keras untuk urusan berikutnya, dan hanya kepada Tuhanmu, hendaknya kamu berharap.” ( Q.S. Asy-Syarĥ [94]: 7-8).

“...Berdoalah ke pada-Ku, niscaya akan Aku perke nankan doamu…” ( Q.S. Gāfi r [40]: 60)

Ketika kita yakin bahwa ujian dan persoalan itu adalah bentuk cinta Allah Swt kepada kita, maka kita akan mampu menyelesaikannya juga. Insyaa Allah, ketika kita percaya pada kebaikan Allah maka semua kebaikan akan tercurah pada kita semua. Aamiin yaa Rabb.

Demikian postingan saya kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semuanya, aamiin.

Wassalam,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s