Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Puasa Ramadhan

Assalamualaikum

Puasa atau shaum yang memiliki arti menahan diri, sifatnya universal yah. Bahkan bukan hanya agama islam yang menjalankan puasa, agama lain juga ada yang melaksanakan puasa. Namun puasa Ramadhan memiliki keutamaan yang tentunya sangat berbeda dengan puasa lainnya. Puasa Ramadhan adalah puasa yang diperintahkan oleh Allah Swt, ada lho dalam firman Allah Surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Jelas sekali kan tentang wajibnya berpuasa pada bulan Ramadhan. Untuk melaksanakan ibadah puasa ini banyak syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, ada pahala dan dosa bagi mereka yang melaksanakan dan meninggalkan ibadah puasa ini. 

Jika tidak bisa berpuasa pada bulan Ramadhan, maka diwajibkan untuk menggantinya dilain hari atau biasa disebut dengan mengqadha. Puasa dimulai dengan niat dari sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, tidak boleh makan, minum, melawan hawa nafsu dan wajib bagi setiap umat muslim yang berakal, baligh dan suci. Allah menjanjikan pahala yang berlipat – lipat bagi mereka yang melaksanakan puasa RAmadhan. Disamping itu juga, bukan hanya ibadah puasanya yang Allah berikan pahala berlipat namun semua perbuatan baik yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, alangkah indahnya bukan bulan Ramadhan itu?

Bagi mereka yang meninggalkan puasa Ramadhan dikarenakan tidak mampu, masalah kesehatan atau baggi manula maka wajib membayar fidyah sesuai dengan firman Allah pada surat Al-baqarah ayat 184 – 185.

Ketentuan dari Allah swt tentang puasa Ramadhan ini sangat sempurna dan mengisyaratkan kemuliaan dan penting puasa bagi orang beriman, yakni menjadikan kita sebagai manusia yang lebih bertaqwa. Dengan begitu puasa Ramadhan sangat bermakna sebagai implementasi ketaatan mahluknya terhadap pencipta, dilakukan dengan ikhlas demi meningkatkan kualitas diri dan mengharap ridha dan keberkahan dari Allah Swt.

Semoga shaum tahun ini menjadikan kita semua manusia yang lebih bermanfaat, aamiiiin allahummaamiiin.

Advertisements

One thought on “Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Puasa Ramadhan

  1. Pingback: Blogger Muslimah – Meningkatkan Kualitas Diri Dengan Puasa Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s