Wanita Sebaiknya Tarawih di Rumah

Assalamualaikum muslimah yang selalu diberkati Allah Swt,

Bagaimana dengan puasanya? alhamdulillah lancar ya. Mumpung masih dalam suasana ramadhan nih, saya yakin pasti ada yang menanyakan hal yang serupa dengan apa yang akan saya bahas disini.

Sebagai muslimah, dalam melakukan sholat sunnah tarawih sebaiknya dilakukan di rumah atau berjamaah di mesjid. Ada yang mengatakan bahwa muslimah lebih baik sholat di rumah saja namun ada juga beberapa pendapat yang mengemukakan bahwa sebaiknya seorang muslimah juga ikut serta berjamaah sholat di mesjid, well dilema sih sebenarnya. Semuanya harus dipahami dengan baik, ya atau tidaknya.

Bila dengan keluarnya seorang wanita keluar rumah (pada saat mau tarawih) akan menimbulkan godaan, maka lebih baik jika sholatnya dilakukan di rumah saja. Seperti sabda Nabi Muhammad Saw :

قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ تُحِبِّينَ الصَّلاَةَ … وَصَلاَتُكِ فِى دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ وَصَلاَتُكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِى

”Aku telah mengetahui bahwa engkau senang sekali jika dapat shalat bersamaku. …  Shalatmu di rumahmu lebih baik dari shalatmu di masjid kaummu. Dan shalatmu di masjid kaummu lebih baik daripada shalatmu di masjidku.” 

Akan tetapi jika seorang wanita itu merasa tidak sempurna atau tidak yakin jika melakukan sholat tarawih di rumah atau misalnya kalau sholat di rumah kan terkadang suka malas, jadi jika berjamaah akan mendapatkan faedah lain seperti mendengarkan tausiah lebih dulu maka dipersilakan untuk sholat berjamaah di masjid. Dengan catatan harus menutup aurat dengan menggunakan hijab sempurna dan tidak boleh memakai parfum atau wewangian yang berlebihan dan yang penting adalah harus seizin suami.

Namun jika memang wanita berkeinginan menunaikan shalat jama’ah di masjid (setelah memperhatikan syarat-syarat tadi), hendaklah suami tidak melarangnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

Janganlah kalian melarang istri-istri kalian untuk ke masjid, namun shalat di rumah mereka (para wanita) tentu lebih baik.” 

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إِذَا اسْتَأْذَنَكُمْ نِسَاؤُكُمْ إِلَى الْمَسَاجِدِ فَأْذَنُوا لَهُنَّ

Jika istri kalian meminta izin pada kalian untuk ke masjid, maka izinkanlah mereka.”  Inilah penjelasan Syaikh Musthofa Al Adawi hafizhohullah yang penulis sarikan. 

Dari penjelasan atas hadist diatas dapat disimpulkan bahwa memang sebaiknya seorang wanita mengerjakan sholat tarawihnya di rumah saja supaya tidak menimbulkan fitnah atau godaan. Nabi pernah berkata bahwa sholat bagi seorang wanita di rumahnya lebih baik daripada di masjid Nabawi.

Advertisements

3 thoughts on “Wanita Sebaiknya Tarawih di Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s