Jangan Bergunjing Saat Puasa

Assalamualaikum muslimah,

Waktu memang cepat sekali berlalu, ramadhan pun telah berada dihari ke dua. Waktunya kita mendulang pahala telah berlalu 2 hari, eits tapi masih ada hari – hari berikutnya dan insyaa Allah akan semakin banyak pahala dan barokah yang kita dulang, aamiin.

Pada postingan kali ini, saya akan mengulas tentang ghibah atau bergunjing. Sudah tidak asing lagi bukan muslimah?

Gunjing atau ghibah adalah menceritakan suatu kejelekan atau aib seseorang pada orang lain.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat: 12)


Bergunjing adalah salah satu hal yang akan menghabiskan pahala puasa kita, kok bisa? Coba deh buka surat Al-Hujurat ayat 12, disana akan menemukan bahwa bergunjing itu sama dengan memakan daging saudara sendiri yang telah mati, naudzubillahimindzalik. Maka jika sedang berpuasa kita bergunjing dan itu artinya kita makan dan artinya batal dong puasanya.

Memang, tidak dengan nyata makan, tapi menggunjing juga tentu akan mengurangi pahala dan bisa membatalkan puasa kita. Yah seperti kita mengisi air diember bocor, sia sia bukan? Begitulah kalau kita puasa namun bergunjing, sia sia dong, yang didapat hanya haus dan lapar aja.

Muslimah yang selalu dirahmati Allah Swt, yuk kita hindari bergunjing, bukan hanya pada saat bulan puasa namun dalam keseharian kita selamanya. Insyaa Allah setiap perbuatan dan niat baik akan berujung baik pula. Yuk mulai dari kita dulu, stop bergunjing.

Wassalamualaikum wr wb

Advertisements

2 thoughts on “Jangan Bergunjing Saat Puasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s