Wudhu nya muslimah yang menggunakan KUTEK

Assalamualaikum solehah, kali ini saya ingin share tentang wudhunya seseorang yang menggunakan kutek. Karena memang pada modern ini, keindahan dan kecantikan serta keelokan sangat dekat sekali dengan muslimah. Menghias kuku adalah salah satu hal yang disebutkan bisa memberikan kecantikan dan kepercayaan diri seorang wanita. Dulu sih orang – orang menghias kuku dengan menggunakan “pacar arab” atau disebut inai, dan dengan berkembangnya teknologi maka pacar arab pun tersingkir dengan hadirnya seni nail art yang menggunakan cat kuku berbahan kimia.

Ada pula yang mengatakan bahwa muslimah tidak boleh melakukan nail art, hmmm but IMHO sih ya boleh – boleh saja muslimah mempercantik kuku – kukunya tapi jika memang niatnya ditujukan untuk mengikuti gaya wanita kafir maka sebagai muslimah kita tidak boleh melakukannya. 

Tapi karena ISLAM itu iindah dan tidak pernah mempersulit, untuk muslimah yang tetap ingin memperindah kecantikan kukunya boleh memakai cat kuku asalkan memenuhi beberapa persyaratannya. Adalah boleh dilakukan pada saat sedang tidak sholat yakni menggunakannya saat sedang haid.

Emang kenapa begitu?? karena sifat dari cat kuku ini adalah menghalangi jalannya air saat berwudhu. Nah jika ada sesuatu yang menghalangi jalannya air pada bagian tubuh yang harus disucikan dalam mandi dan berwudhu maka tidak boleh digunakan, sebagaimana firman ALLAH SWT :

فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ

“Artinya : Maka basuhlah mukamu dan tanganmu”. [Al-Maidah : 6]. 

Namun jika menggunakan pacar kuku atau inai boleh digunakan kapan saja. Karena sifat inai sangat berbeda dengan kutek. Inai atau saya sih lebih kenal dengan pacar arab, hehe ini hanya memberikan pewarnaan saja pada kuku dan tidak merubah ketebalan pada kuku, beda kan dengan kutek atau cat kuku? pasti sudah bisa menyimpulkan sendiri yah.

jadi sudah kebayang mungkin yah kuku mana yang menggunakan inai dan mana yang menggunakan cat kuku, yang menggunakan cat kuku akan nampak lebih tebal karena ada sesuatu yang menebal disana, :D. Kalau yang menggunakan inai hanya berubah warna saja, 🙂 begitu.

Semoga artikelnya bermanfaat :). Silakan dishare jika memang dibutuhkan.

wassalamualaikum wr wb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s