Dzikir Setelah Sholat Fardhu

Assalamualaikum muslimah yang selalu diberkahi Allah Swt. Alhamdulillah sebentar lagi kita akan memasuki bulan penuh rahmat dan ampunan yah, yuk berburu pahala sebanyak mungkin untuk bekal nanti. Salah satu pahala yang bisa dijadikan bekal nanti adalah dengan rajin berdzikir seusai sholat fardhu, lantas dzikir seperti aoa yang disunnahkan oleh junjunan kita Nabi Muhammad Saw?

Mari kita bersama – sama belajar dan membiasakan berdzikir selepas sholat fardhu.

Setelah salam, mari kita baca istigfar “Astagfirullah” sebanyak tiga kali. Kemudian membaca Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikraam yang artinya “Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan. Mahaberkah Engkau, wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan.” (Sahih; H.R. Muslim, no. 591).

Kemudian mengucapkan Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir. Allahumma laa maani’a lima a’thaita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfau dzal jaddi minkal jaddu yang mengandung arti Tidak ada sembahan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mampu mencegah sesuatu yang telah Engkau berikan dan tidak ada yang mampu memberi sesuatu yang Engkau cegah. Tidak bermanfaat kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya untuk (menebus) siksaan-Mu.” (Sahih; H.R. Bukhari, no. 6862; Muslim, no. 593; An-Nasa’i, no. 1341). 

Kemudian ucapkan tasbih, tahmid dan takbir sebanyak 33 kali. lalu kemudian membaca

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir

Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.” Agar sempurna sehingga genap menjadi seratus.

Namun apabila kondisi tidak memungkinkan karena misalnya sholat disela – sela waktu bekerja, bisa membaca tasbih, tahmid dan takbir sepuluh kali saja. Sebagaimana hadist ini :

Ada dua perkara, setiap muslim yang konsisten melakukannya akan masuk ke dalam surga. Keduanya sangatlah mudah, namun sangat jarang yang mampu konsisten mengamalkannya. (Perkara yang pertama) adalah bertasbih, bertahmid, dan bertakbir masing-masing sebanyak sepuluh kali sesudah menunaikan shalat fardhu.” (Sahih; H.R. Tirmidzi, no. 3410; Shahihut Tirmidzi, no. 2714)

Kemudian baca ayat kursi, al ikhlas, al falaq dan an nas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِي دُبُرَ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلاَّ أَنْ يَمُوْتَ

“Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai menunaikan shalat fardhu (wajib), maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (Sahih; H.R. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Kabir, no. 7532, Al-Jami’ush Shaghir wa Ziyadatuhu, no. 11410)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkanku agar membaca surat Al-Mu’awwidzat(Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) setiap selesai menunaikan shalat.” (Sahih; H.R. Abu Daud, no. 1523; Shahih Sunan Abi Daud, no. 1348)

Mari mendulang pahala setiap waktu 🙂

Semoga kita semua digolongkan dalam golongan orang – orang yang solehah dan ditempatkan disyurga kelak. Aamiin yaa Rabb.

Wassalamualaikum Wr Wb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s